Saturday, January 21, 2017

(Basic) 11 Tips, Cara Mengatasi Lag Untuk Semua Smartphone

Kita tahu sekarang banyak sekali perusahaan gadget yang mengeluarkan smartphone baru baik itu Android, iOS maupun Tablet. Semakin baru semakin tinggi saja spek nya (canggih), Tentu harga-nya juga lumayan menguras kantong.

Kita yang punya budget sedikit hanya mampu membeli Smartphone yang spek nya pas-pasan, dan pasti pernah mengalami yang namanya Lagging saat di oprasikan, entah itu sedang bermain game atau bahkan sedang bersosmed saja terasa berat (lemot).

11 Tips Dasar Cara Mengatasi Lag
Saya punya tipsnya agar sedikit bisa mempercepat atau mengurangi Lag pada semua smartphone. Tips ini tanpa aplikasi tambahan, karena memakai settingan bawaan yang ada di semua smartphone.

Berikut adalah Tips Dasar Cara Mengatasi Lag atau Lemot:

1. Handphone Mulai Terasa Panas
Panas pada Handphone yang artinya sistem sedang melakukan proses yang akan melebihi kemampuannya (overclock), dengan begitu Handphone akan terasa berat karena banyak proses yang sedang berjalan.
Tips-nya: matikan data internet lalu taruh handphone di ubin yang dingin dan diamkan sebentar. Ini adalah tips kuno tapi masih work dan cepat mendinginkan handphone, kalau sudah tidak panas silahkan mainkan lagi, dan ulangi jika terasa panas lagi.

2. Lakukan Pembersihan Sampah
Lakukan pembersihan sampah atau cache secara rutin bisa dengan aplikasi pembersih bawaan atau cara manual di app manager. Jika kita biarkan menumpuk memori internal bisa saja membengkak. Karena ruang sisa memori internal yang sedikit merupakan salah satu penyebab Lag atau berat.

3. Matikan / Nonaktifkan Aplikasi Sistem.
Aplikasi sistem seringkali berjalan di latar belakang tanpa kita membukanya, karena itu aplikasi tersebut cukup memakan RAM.
Caranya: pergi ke setting > app manager > pilih aplikasi sistem yang tidak di perlukan > lalu pilih paksa berhenti dan matikan.
Biasanya jika itu aplikasi penting tidak bisa di matikan, pilih saja yang bisa (aman) di matikan, seperti: google kios, buku, gmail, G+, map, dan lain-lain. Tapi saya harap kamu tidak sembarangan mematikan aplikasi sistem.

4. Pindahkan Data Aplikasi dan Game Ke Kartu Memori (SDcard)
Pindahkan semua Data aplikasi dan game ke kartu memori. Gunanya untuk memperluas memori internal yang sudah saya katakan di no 2 yaitu salah satu penyebab Lag adalah ruang memori internal yang sedikit.
Caranya: pergi ke setting > app manager > pilih aplikasi atau game yang akan di pindahkan datanya > lalu pilih pindahkan ke SD. (cara ini tidak semua smartphone dapat melakuannya harus dengan aplikasi tambahan)
Jangan lupa di setting penyimpanan yang di sukai ke SD card, agar setiap install data aplikasi atau game langsung ke External.

5. Hapus Beberapa Widget dan Sosmed
Tips ini sama seperti cara menghemat baterai, hapus beberapa widget yang tidak penting, jika perlu sisakan jam. Dan hapus juga aplikasi chatting atau sosmed, kenapa harus di hapus? Karena aplikasi chatting atau sosmed cukup berpengaruh mengurangi RAM, bukan hanya itu aplikasi ini pun sering meninggalkan thumbnail dan cache yang cukup banyak sehingga dapat memperkecil kapasitas memori.
Tips: hapus aplikasi sosmed yang masih bisa di buka di browser, jadi kamu masih bisa tetap eksis di dunia maya.

6. Jangan Terlalu Banyak Install
Jangan terlalu banyak install aplikasi dan game, hapus saja aplikasi yang tidak kamu perlukan lagi, dan hapus juga game yang sudah jarang di mainkan. Karena buat apa juga di biarkan terinstall cuma membebani memori dan RAM saja.

7. Hilangkan Semua Animasi
Hilangkan semua animasi pada smartphone dari animasi saat membuka, menggeser, hingga durasi animasinya. Dengan cara pergi ke setting > tentang ponsel > klik build number sebanyak 7x (sampai ada notif kamu sudah jadi pengembang) > lalu pergi ke opsi pengembang > dan matikan semua skala animasi. Screenshoot dan info lengkap bisa kesini

8. Matikan Permission AutoStart Aplikasi
Setting aplikasi yang berjalan otomatis, minimal 1 aplikasi saja yang di ijinkan kalau memang aplikasi tersebut benar-benar penting, Jadi aplikasi tersebut akan berjalan saat kita membukanya saja (tidak semua smartphone mempunyai setelan perijinan, perlu aplikasi tambahan). Dengan begitu tidak terlalu banyak proses yang berjalan, sehingga RAM pun punya ruang untuk menjalankan aplikasi lain.

9. Reboot atau Restar
Melakukan hal ini dapat mematikan atau memproses ulang aplikasi sistem yang terbangun oleh aplikasi lain, dengan begitu RAM akan luas kembali. Perlu di ingat saat Reboot selesai dan muncul homscreen / layar kunci jangan di mainkan dulu, tapi diamkan sejenak, biarkan beberapa proses sistem menyelesaikan tugasnya terlebih dahulu tanpa di bebani proses lain.

10. Kembalikan ke Setelan Pabrik
Tentu melakukan langkah ini yang paling efektif, jangan lupa backup file penting seperti: foto, video, kontak, dan lain-lain. Karena kamu harus tahu di setiap tindakan pasti ada resikonya. sisi positifnya yaitu ruang memori internal sudah tidak terdat file sampah sisa thumbnail, cache hingga file corrupt pokoknya seperti sedia kala saat pertama kali membelinya. Tentu RAM juga Luas kembali karena hanya sistem yang di proses.
Lalu sisi negatifnya adalah hilangnya semua data, kemudian kita perlu men-setting ulang semua yang pernah kita ubah. Dan harus mendownload ulang aplikasi yang kamu sukai. Ingin backup aplikasi atau game yang sudah terinstall? Silahkan kesini

11. Update Pembaruan Sistem dan Aplikasi
Ini yang terakhir jangan lupa selalu cek pembaruan sistem dan aplikasi, jika tersedia langsung saja download dan update. Karena pengembang lebih tahu apa saja yang harus di perbaiki dan apa saja yang perlu di perbaharui. Jangan lupa backup file penting saat update sistem, karena untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan atau error saat proses update.

Tips di atas hanya dasar saja, tidak memakai aplikasi tambahan dan biasanya sudah tersedia di semua smartphone.

Semoga tips di atas bisa mempercepat Smartphone kamu dari sebelumnya.

Tips Mengatasi Lag Yang Akan datang
- Menggunakan Aplikasi

Terima kasih.

loading...

Related Posts

(Basic) 11 Tips, Cara Mengatasi Lag Untuk Semua Smartphone
4/ 5
Oleh

Tolong komentarnya berhubung dengan posting yang ada.
komentar yang mengarah ketindakan spam akan di hapus.