Monday, December 12, 2016

(Basic) 13 Tips, Cara Hemat Baterai Untuk Semua Smartphone

Hay sobat, selamat datang.
Sebuah smartphone tentu tidak lepas dari yang namanya baterai, tanpa baterai sebuah smartphone hanya akan menjadi rongsokan, betul tidak? Hehehe. Maka dari itu kita perlu menjaga kondisi baterai tersebut.
Cara hemat baterai semua smartphone

Cara agar baterai tetap dalam keadaan kondisi sehat adalah dengan cara menghindari charge hp terlalu sering, karena akan berakibat daya tahan baterai kamu lama-lama akan berkurang kemudian rusak dan dengan terpaksa membeli baterai yang baru.

Untuk mencegah hal tersebut saya punya tipsnya, dapat peraktekkan disemua smartphone dan tanpa perlu mendownload atau aplikasi tambahan lainnya, karena tips ini pada dasarnya menggunakan settingan bawaan yang ada disemua smartphone.

Mari kita mulai dan simak sampai habis (Basic) 13 Tips, Cara Hemat Baterai Untuk Semua Smartphone berikut ini

1. Jangan gunakan Wallpaper full color atau terang mencolok
Karena warna terang akan membuat daya baterai berkurang lebih dibandingkan dengan warna gelap. Ada juga penelitian diforum XDA wallpaper warna gelap lebih hemat dibanding wallpaper warna terang, Jadi gunakan wallpaper gelap. Yah kalau wallpaper gelap gak menarik dong? Memang jadi kelihatan kurang menarik sih atau gunakan saja launcher (tema) black and white.

2. Atur kecerahan layar
Kurangi brightness seminim mungkin sampai mentok tidak bisa dikurangi lagi, kemudian aktifkan auto brightness. Supaya kecerahan layar bisa menyesuaikan kondisi diluar ruangan dan didalam ruangan, dengan begitu baterai tidak cepat terkuras.

3. Kurangi Widget
Widget merupakan fitur yang disediakan oleh beberapa aplikasi agar memudahkan kita untuk bisa menggunakan fitur tersebut tanpa harus masuk ke dalam aplikasinya. sayangnya widget malah membuat baterai boros karena fitur tersebut akan selalu stay dihome screen, selalu berjalan dibackground dan siap untuk dipakai kapan saja. menjadikan widget dicap sebagai salah satu penyebab baterai boros.
Untuk itu hapus saja beberapa widget yang ada di layar home screen, bila perlu sisakan 1 widget paling penting yaitu jam.

4. Matikan fitur android
Matikan fitur android seperti :
- getar
- wifi
- hotspot
- mode performa
- gps
- sinkron
- bluetooth
- auto rotasi
Nyalakan pada saat diperlukan saja dan jangan lupa untuk mematikannya kembali.

5. Nonaktifkan notifikasi game
Setiap game atau aplikasi pasti mempunyai pengaturan notifikasi. misalnya saja game POU game tersebut selalu memberi notifikasi jika peliharaanmu lapar dan sebagainya, matikan notifikasinya untuk menghemat baterai.

6. Hapus beberapa aplikasi sosmed
Saya rasa menghapus aplikasi sosmed selain untuk menghemat baterai juga untuk memperluas ruang memori. Kenapa harus dihapus? Tidak harus kok, ini saran saja karena aplikasi sosmed selalu memberi notifikasi kemudian perangkat menjadi bekerja lebih keras lalu membuat baterai cepat terkuras dan panas.
Saya kasih solusinya hapus saja aplikasi sosmed yang masih bisa dibuka dibrowser, jadi kamu masih tetap bisa selalu update.
Saran app sosmed yang dihapus antara lain:
Facebook, Twitter, G+, dan sosmed lain yang bisa dibuka dibrowser.

7. Nyalakan data internet seperlunya
Nyalakan data internet seperlunya saja, jadi ketika kamu dalam kondisi tertentu dan sedang tidak memegang ponsel lebih baik dimatikan data internetnya untuk menghemat baterai. Misalkan saja: kamu sedang tidur, kerja, sekolah, dan ke lokasi minim sinyal.

8. Setting waktu redup
Atur waktu redup atau waktu tidur seminim mungkin, maksimal 30second lebih bagus lagi 15second.

9. Hindari setting prioritas 3G only atau LTE only
Memang dengan mengubahnya prioritas sinyal yang kita inginkan akan membuat semuanya menjadi cepat, seperti streaming, download dan lain-lain. Akan tetapi jika kita sedang diwilayah sinyal tidak setabil maka kinerja ponsel akan bekerja keras untuk mencari sinyal terbaiknya diwilayah tersebut sehingga memerlukan daya baterai yang lebih.

10. Gunakan Mode Hemat Baterai pada smartphone
Setiap smartphone pasti terdapat aplikasi atau fitur bawaan mode hemat baterai. Nyalakan saja untuk membantu menghemat baterai ponsel kesayanganmu.

11. Gunakan mode pesawat
Ketika kamu sedang dilokasi sulit sekali sinyal lebih baik aktifkan mode pesawat, karena perangkat akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal sekaligus mengurangi daya baterai tentunya.

12. Gunakan headset saat memutar music
Dengan memutar music menggunakan headset baterai akan lebih hemat dari pada menggunakan speaker pada ponsel. Saya rasa hampir semua orang lebih sering memutar music diponsel menggunakan headset sih, Namun jangan terlalu lama juga tidak baik untuk ponsel dan telingamu.

13. Tutup aplikasi yang sudah tidak terpakai
Ketika kita sudah membuka berbagai aplikasi jangan lupa untuk menutupnya. Jika tidak, akan terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan sehingga memaksa kinerja perangkat bekerja lebih keras dan tentu akan menguras daya baterai lebih cepat.
Gunakan tombol multitasking untuk benar-benar menutupnya, bisa pilih salah satu aplikasi yang ingin ditutup dengan cara menggesernya ke samping atau ke atas tergantung tiap smartphone, Lebih bagus lagi hapus semua historinya.

Tips diatas hanya dasar dari hemat baterai saja dan benar-benar tanpa aplikasi tambahan kan? Silahkan diterapkan, dan jangan lupa untuk dishare biar teman-teman kamu tahu.

Tips hemat baterai yang akan datang :
- Menggunakan aplikasi

Semoga bermanfaat.

loading...

Related Posts

(Basic) 13 Tips, Cara Hemat Baterai Untuk Semua Smartphone
4/ 5
Oleh

Tolong komentarnya berhubung dengan posting yang ada.
komentar yang mengarah ketindakan spam akan di hapus.